0

Piala AFF : Indonesia Vs Malaysia

Labels:

Bola.net - Tim nasional Indonesia berhasil memuncaki klasemen sementara Grup A setelah sukses membenamkan Malaysia dengan skor 5-1.

Cristian Gonzales (c) antaraMenjadi tuan rumah membuat Indonesia tampil menekan sejak menit-menit awal. Alur serangan yang dipimpin Firman Utina terus menerus menekan Malaysia selama 15 menit babak pertama ini. Sayang beberapa kali peluang dari Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales hanya mampu membahayakan lini pertahanan tim tamu saja, tanpa ada gol yang tercipta.
Malaysia yang terus menerus ditekan malah unggul terlebih dahulu di menit ke 18. Berawal dari kesalahan Hamka Hamzah dalam menjaga Mohamad Safee Bin Mohamad Ali di sisi kiri, Safee pun mengirimkan umpan mendatar kepada Norshahrul Idlan bin Talaha. Idlan yang tak terjaga akhirnya mampu merobek jala Markus Harison. Malaysia untuk sementara unggul 0-1.
Keunggulan tim tamu tersebut tak berlangsung lama. Akan tetapi bukan pemain Indonesia yang mampu menyamakan kedudukan, melainkan gol bunuh diri dari Mohamad Asrarudin tiga menit usai gol pertama. Gol bunuh diri ini berawal dari umpan silang yang dikirimkanMohammad Nasuha dari sisi kiri. Asra yang mencoba menghalau bola terhalang oleh aksi pergerakan tanpa bola Irfan Bachdim, walhasil bola malah mengarah ke gawang sendiri, Indonesia 1 dan Malaysia 1.
Gol bunuh diri Malaysia tadi mampu membangkitkan semangat tim Merah Putih untuk menekan dan membuktikan bahwa mereka mampu mencetak gol sendiri.
Gelora Bung Karno akhirnya kembali bergemuruh di menit ke 25. Umpan Firman Utina mampu dimanfaatkan dengan baik oleh striker naturalisasi Christian Gonzales. Tendangan kaki kirinya menyusur deras ke gawang Malaysia untuk membawa Indonesia berbalik unggul 2-1.

Indonesia tetap menguasai jalannya pertandingan dan sempat memperoleh peluang dari tendangan keras Irfan Bachdim dari luar kotak penalti di akhir babak ke dua ini. Akan tetapi, skor 2-1 tetap bertahan hingga turun minum.
Baru 5 menit babak ke dua berjalan, Indonesia akhirnya mampu memperlebar keunggulannya menjadi 3-1. Diawali dengan umpan satu dua dengan Ahmad Bustomi, Muhammad Ridwan berhasil menaklukkan dua pemain belakang Malaysia dan kemudian diakhiri dengan tendangan keras mendatar ke sisi kiri gawang Malaysia.
Tim tamu mencoba bangkit dan sempat memperoleh peluang melalui Norshahrul, akan tetapi penampilan gemilang Markus Horison mampu menggagalkan dua peluang striker Malaysia itu.
Meski Ahmad Bustomi harus ditarik keluar karena cedera di menit ke 70 dan digantikan Tony Sucipto, namun serangan Indonesia tetap tidak berkurang. Tim asuhan Alfred Riedl terus mengurung pertahanan Malaysia.
Kredit harus diberikan kepada Irfan Bachdim, berkali-kali ia mampu membahayakan lini pertahanan Malaysia. Sayang dua kali peluang yang didapatnya di menit ke 65 dan 70 masih bisa ditepis kiper Malaysia.
Arif Suyono yang masuk menggantikan M.Ridwan di menit ke 76 berhasil membawa Garuda terbang kian tinggi. Baru dua menit masuk, Keceng, sebutan Arif, mampu memanfaatkan kesalahan Asra yang salah dalam mengontrol bola. Dengan kecepatannya ia pun mampu memperdaya kiper Malaysia dan membawa Indonesia unggul 5-1.
Irfan Bachdim akhirnya menutup pesta gol Indonesia dan mengubah skor menjadi 5-1 di injury time babak ke dua saat memanfaatkan umpan crossing mendatar Okto Maniani dari sisi kiri. Sebuah penutupan yang manis dari pemain kelahiran Belanda ini, setelah sebelumnya memperoleh banyak peluang di sepanjang laga.
Kemenangan ini membawa Indonesia berhasil memuncaki klasemen sementara Grup A dengan tiga angka, karena di pertandingan sebelumnya Laos berhasil menahan imbang tim favorit juara, Thailand dengan skor 2-2.            (bola/fjr)

0 comments:

Posting Komentar